<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Keunikan Wisata Air Di Gua Pindul Jogja

Keunikan Wisata Air Di Gua Pindul Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta banyak menyimpan beragam kekayaan alam beserta isinya. Ada banyak obyek tempat wisata yang tersebar di seluruh kota Yogyakarta ini. Salah satu obyek wisata alam yang sering menjadi tujuan para wisatawan adalah Gua PindulJogja. Gua Pindul ini terletak di daerah Wonosari Yogyakarta. Jika ingin pergi kesana disarankan untuk menggunakan kendaraan sendiri/pribadi. Ini dikarenakan minimnya transportasi yang menuju ke lokasi Gua Pindul ini. Seandainya tidak memiliki kendaraan pribadi anda bisa bisa menyewa colt bak terbuka dari penduduk setempat.

Harga Tiket Dan Rute Lokasi Menuju Gua PindulJogja

Harga tiket masuk ke wisata Gua Pindul ini dipatok Rp 10.000/orang. Untuk Harga ini tentu saja belum termasuk harga paket memasuki wisata Cavetubing Gua Pindul.Lokasi wisata Gua PindulJogja terletak di daerah pedalamanBeji, Kecamatan Karang Mojo, Kabupaten Gunung Kidul. Jika dari kota Wonosari jaraknya sekitar 10 Km, namun jika dari kota Yogyakarta jarak tempuh nya ± 1,5 jam.

Sedangkan rutenya  jika dari arah kota Yogyakarta ambil arah ke Jalan Wonosari. Dari sini ikuti terus jalur utama menuju Wonosari dengan jarak  sekitar 15 Km menuju kearahPiyungan. Setelah sampai Piyungan naiklah terus hingga sampai ke Bukit Bintang Kecamatan Patuk. Dari Bukit Bintang lurus terus ikuti jalan utama hingga menemukan Hutan Tleseh. Sekitar 500 meter dari sini ada perempatan Gading (lampu merah)lurus saja. Setelah 20 meter akan ada pertigaan lampu merah, lurus terus sampai kota Wonosari ± 3 Km. Anda akan menemukan perempatan bunderanSiyono yang banyak terdapat ojek jasa yang siap mengantarkan ke lokasi.

Keunikan Wisata Air Di Gua PindulJogja

Gua PindulJogja memiliki keunikan yang lumayan banyak sekali. Ingin tahu apa saja keunikan yang dimiliki oleh gua pindul? Ini dia informasi selengkapnya :

1. Pemandangan Yang Indah

Jika anda telah memasuki kawasan Gua Pindul pasti akan merasa terpesona dengan kejernihan airnya. Keasrian pepohonan disekitar Gua Pindul yang dihiasi dengan kejernihan air yang mengalir pasti memberikan sensasi tersendiri. Gua Pindul memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar mencapai 5 meter. Jarak atap gua dengan permukaan air sekitar 4 meter. Sedangkan kedalaman airnya 5 – 15 meter.Pemandangan yang ditawarkan di sekitar lokasi wisata ini sangat eksotik sekali.

2. Tiga Zona Penyusuran Gua

Gua PindulJogja memiliki 3 zona pilihan yaitu zona terang, gelap, dan remang-remang. Untuk menempuh ketiga zona tersebut membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jika menyusuri zona gelap ini pandangan mata semakin terbatas. Oleh karena itu demi menjaga keselamatan anda harus menggunakan jasa pemandu wisata.

Pemandu wisata yang berada di Gua Pindul ini sudah sangat berpengalaman dan terlatih. Ketika sudah sampai di zona terang anda diperbolehkan untuk berenang dan melompat dari atas tebing. Namun anda harus memakai pelampung dikarenakan kedalaman Gua Pindul mencapai 15 meter.

3. Wahana Cavetubing

Cavetubing merupakan kegiatan menyusuri dalamnya gua dengan memakai ban dalam. Jangan merasa takut saat melakukan cavetubing ini karena aliran air di Gua Pindul sangat tenang dan aman. Sebaiknya selama menyusuri Gua Pindul ini anda didampingi oleh pemandu wisata untuk menjaga keselamatan.

4. Wahana Rafting/Arung Jeram

Rafting/Arung Jeram adalah kegiatan menyusuri sungai dengan memakai perahu. Anda bisa menyewa peralatan berupa jaket pelampung, senter, perahu dan lain-lain dengan cara mendaftar paket Gua PindulJogja. Misalnya :  Paket caving guapindul dengan harga:rp 35.000/orang, paket rafting/rivertubing sungai oya dengan harga: rp 45.000/orang untuk track pendek,rp 60.000/orang untuk track panjang dan paket susur gua gelatik dengan harga rp 35.000/orang.

5. Terdapat Stalagmit Dan Stalagtit

Stalagmit dan Stalagtit yang berada di Gua PindulJogja ini menempati urutan yang ke -4 di seluruh dunia. Jika diperhatikan dengan seksama ini merupakan pemandangan alam yang sangat indah sekali.Didalam gua itu sendiri terdapat tirai yang tersusun dari tetesan air yang mengarah ke dinding gua.

Keindahan gua terlihat semakin sempurna dengan hiasan ornamen di sepanjang dindingnya. Ada banyak kelewar yang bergelantungan di sepanjang lorong gua Sebelum sampai ke finish penyusuran akan terlihat cahaya yang sangat indah yang nampak jelas dari atas. Cahaya ini biasa di sebut cahaya surga yang tersembunyi di Yogyakarta (The Hidden Paradise OfJogja).

 

© 2021 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved